[SERIAL TV] 四号宿舍 / Asrama no.4

ANYONE REMEMBER THIS?

Seingat saya di Indonesia, serial ini berjudul Asrama no.4 atau 四号宿舍. Kalau tidak salah waktu itu tayangnya di stasiun TV Indonesia sekitar tahun 2002. Saat itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 5 atau kelas 6, tidak begitu ingat. Ketika mencari informasi ini, saya baru menyadari jika kategorinya DEWASA. Anak SD tontonannya sudah berkategori dewasa. Serial ini dibintangi oleh Guo Xin , Kawashima Moshudai , Yang Youning, dll, ditayangkan perdana di China TV pada 26 April 2002[sumber]


Tak banyak yang saya ingat. Ceritanya mengenai asrama kosong yang di terpaksa dibuka untuk para mahasiswa yang masuk ke universitas itu. Tentu ada alasannya, universitas tersebut menerima mahasiswa melebihi kapasitas. Pihak kampus menyadari dan mengetahui jika asrama tersebut memiliki banyak hal aneh, mistis, dan bahkan katanya berhantu. Tidak seperti serial hantu-hantu lainnya, tipikal hantu disini justru didandani seperti manusia biasa, tentu dengan efek tembus pandang dan pucat. Tidak menyeramkan. Kisah dalam asrama ini lebih sering untuk mengatasi masalah hantu-hantu yang ada di asrama. Seperti hantunya tidak akan pergi jika tidak dibantu menyelesaikan masalahnya. Lama - lama hantu dari luar asrama malah datang ke asrama tersebut karena dibawa tidak sengaja oleh penghuni asrama.

[UPDATE] Saya menemukan informasi ini dimana sedikit melengkapi ingatan saya dulu.

Konon di era pendudukan Jepang 60 tahun yang lalu, petani Jiang Abao (diperankan oleh Wu Lingshan) menjadi hantu liar yang kesepian . Enam puluh tahun kemudian, kuburan massal tersebut telah menjadi gedung sekolah tua. Abao yang meninggal secara tidak adil seperti menunggu untuk menemukan hantu pengganti. Hantu berwajah hijau, hantu wanita berlidah panjang, dan hantu berkepala besar menghuni disini dan sering membuat masalah, dan tempat ini telah menjadi "asrama ke-4" angker yang serius di kalangan siswa. 

Banyaknya siswa yang diterima membuat kepala sekolah ( diperankan oleh Hugua ) dan dekan bidang akademik (Xiao Liang Ge) memutuskan untuk membuka "Asrama No. 4" lagi, dan mempekerjakan Wang Lihua (diperankan oleh Yang Qi) yang dijuluki "Ghost Sorrow" sebagai pengurus rumah tangga. Oleh karena itu, asrama dihuni oleh Ping An ( diperankan oleh Wang Liren ), Han Bang ( diperankan oleh Han Yibang ) yang suka menangkap hantu, Guo Xin ( diperankan oleh Guo Xin ) seorang siswa yang menyukai kekerasan, dan putri dewan sekolah Ye Jiajia (diperankan oleh Kawashima Moshudai), dll. Mereka diatur untuk tinggal di "Asrama No. 4", tetapi mereka tidak tahu bahwa hantu berwajah hijau, hantu wanita berlidah panjang, dan hantu berkepala besar itu "menyambut" mereka dengan tatapan galak dan tegas. 

Tokoh yang saya ingat seperti Wang Jian Long / Teddy Wang / 王建隆 / kini sejak tahun 2011 ia menggunakan nama Wang Kai. Di Asrama no.4 dia berperan sebagai Zhang Zhefu. Karakter Zhefu adalah seorang paranormal yang nantinya menjadi jembatan komunikasi dan membantu hantu - hantu disana untuk menyelesaikan tujuannya agar segera reinkarnasi. Zhefu tentu tidak sendiri. Ia dibantu oleh hantu bernama Jiang Abao yang diperankan oleh bapak Wu Lingshan.

Zhang Zhefu merupakan mahasiswa baru dari Thailand di Departemen Filsafat. Orang ini berbicara dengan nada yang aneh, baik dan sopan, dan terlihat sangat menggertak, tetapi sebenarnya dia memiliki banyak latar belakang dan tersembunyi. Keluarganya ada di Thailand, ia berasal dari keluarga keturunan terkenal. Zhang Zhefu memiliki kemampuan penginderaan tidak seperti orang biasa, ia dapat merasakan keberadaan hal-hal spiritual bahkan membaca mantra untuk mengusir setan. 

Kali ini ketika dia datang ke Taiwan, dia sangat ingin menyingkirkan lingkungan psikis yang telah dia alami sejak dia masih kecil. Ia tidak berharap untuk masuk ke asrama No. 4. Namun karena hanya asrama ini yang kosong, maka ia terpaksa menempati asrama tersebut. Hantu terus berdatangan ke asrama tersebut sehingga dengan terpaksa ia berperang dan tunjukkan keahliannya. Tetapi kemampuan mantranya hanya setengah (tidak begitu ahli), ia harus meminta bantuan dari "buku rahasia spiritual" warisan leluhur yang dapat digunakan pada saat  kritis untuk menemukan cara menghentikan roh jahat agar tidak menyebabkan kekacauan. Dia bertindak rendah hati, dan dia tidak ingin orang tahu asal-usulnya, tetapi setelah menunjukkan kekuatannya beberapa kali, dia akhirnya membuat keributan ke dunia. Zhefu yang tidak takut pada hantu memiliki kelemahan yang konyol, yaitu, dia takut berhubungan dengan wanita. Dia diberi kutukan darah perawan oleh ayahnya. Jika ia memiliki pikiran jahat di dalam hatinya saat melihat wanita, dia akan langsung gagap, memerah dan gatal, Bahkan pingsan dengan busa di mulutnya.

Beberapa photo yang dapat dikumpulkan :










Tokoh lainnya tidak dibahas pada postingan ini, mungkin akan ditulis dikemudian hari.


Comments

  1. min drama ini bisa diliat dimana ya..soalnya saya cari d youtube gak ada...

    ReplyDelete
  2. dimana yah bisa dapat drama ini?

    ReplyDelete
  3. di youtube ada kok... tapi cuma smp eps.7.... gak muncul kl pake bahasa indo. klik aja ini 四号宿舍.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. aku juga lagi cari drama ini.. ada info ga utk ep 8-13nya? cari di mana" ga dapat nih~~ thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts